Bila Mereka Musnah

Bila Mereka Musnah

Halo sobat Kabar Dewata
Kali ini kulikunik akan mencoba berandai-andai bila beberapa hewan-hewan ini musnah dari muka bumi.
Kira-kira apa ya yang akan terjadi?


1. Paus
Mahluk terbesar di bumi ini ternyata berperan penting bagi kehidupan mahluk lain. Paus menjaga kehidupan fitoplankton dilaut. Fitoplankton adalah sejenis tumbuhan laut penghasil 50% - 85% oksigen di bumi dan mereka mendapat nutrisi hidup dari kotoran paus yang kaya zat besi, fosfor dan nitrogen. Selain itu, tubuh paus dapat menyimpan karbon dalam jumlah yang banyak dan bisa mencapai 30.000 ton. Kemampuan ini lebih besar dari pohon yang bisaa menyerap 10.000 karbon di udara.


2. Nyamuk
Berdasarkan data, nyamuk merupakan salah satu penyebab kematian manusia terbanyak. Tercatat 700.000 orang / tahun meninggal karena nyamuk. Bila mereka punah, ada 700.000 nyawa terselamatkan, namun populasi lain akan menurun karena putusnya rantai makanan, seperti burung, ikan, serangga bahkan bunga.


3. Kecoa
Apa yang akan terjadi jika binatang menjijikan ini punah ya? Ternyata kecoa mempunyai peran penting untuk menjaga siklus nitrogen di bumi. Makanan organic di alam dicerna kecoa dan menghasilkan kotoran yang mengandung nitrogen dan nitrogen ini sangat penting bagi kesuburan tanah.


4. Lalat
Serangga ini sangat identik dengan kotoran, sampah dan penyakit. Namun bila mereka punah, maka bangkai dan kotoran akan butuh waktu lama untuk terurai. Belum lagi fakta bahwa lalat adalah serangga yang membantu penyerbukan pada pohon coklat. Jadi No Lalat, No Coklat.


5. Semut
14.000 Spesies semut di bumi juga berperan dalam system ekologi lho. Semut membangun sarang seperti terowongan di dalam tanah dan ini dapat memperbaharui struktur tanah dan meningkatkan sirkulasi udara serta air di tanah. Dan apabila mereka punah, kemungkinan akan sulit untuk menumbuhkan tanaman.


6. Laba-Laba
Bila laba-laba punah, maka akan banyak manusia yang mati karena kelaparan. Kok bisa?
Ternyata 1 Laba-laba bisa memakan 2000 serangga/tahun. Serangga ini bila tak dilahap laba-laba, mampu memakan seluruh tanaman hingga tak bersisa

Andari
Author : Andari

Seorang lulusan graphic designer yang suka membaca dan mengulik hal hal unik. Suka berimajinasi dan minum kopi.

Tuangkan Komentar Anda
Gunakan kode HTML berikut untuk format text: <a><br><strong><b><em><i><blockquote><code><ul><ol><li><del>
CAPTCHA Image
Reload Image
Berita Terkait